Senin, 17 Januari 2011

Teknologi Memori

RAID (Redundant Array of Independent Disc)

RAID (Redundant Array of Independent Disc) merupakan suatu teknolohi penyimpanan data/informasi pada computer yang digunakan untuk pengimpletasi-an fitur kesalahan pada media penyimpanan computer dengan cara redundansi data (pada software maupun hardware) namun tidak sukses pada software, dan dengan penerapan microcode distorage controller sukses diterapkan.

RAID memiliki beberapa level, RAID0 sampai RAID7 plus RAID 10 dan beberapa RAID kombinasi. Setiap level RAID memiliki fungsi yang berbeda.

HAS (Host Attached Storage)

HAS (Host Attached Storage) Merupakan pengaksesan storage lewat port I/O. Digunakan beberapa teknologi pada port – port ini. Umumnya, PC menggunakan arsitektur bus I/O Integrated Drive Electronic(IDE) atau AT Attachment (AT Attachment). Arsitektur ini mendukung maksimal 2 drive per I/O Bus. Arsitek terbaru yang menggunakan simplified cabling ialah SATA ( Serial AT Attachment ). High-end workstation dan server biasanya menggunakan arsitektur I/O yang lebih rumit, seperti SCSI atau Fibre Channel / FC.

NAS (Network Attached Storage)

NAS (Network Attached Storage) ialaha suatu sistem penyumanan data / informasi yang memiliki suatu tujuan khusus untuk diakses dari melalui data network. Unit NAS ini pada umumnya diimplementasi-kan sebagai suatu RAID array dengan software yang mengimplementasikan Pemanggilan Jarak Jauh (Interface Remote Procedure Call). NAS menyediakan jalan yang cocok untuk setiap protocol dalam suatu LAN untuk saling berbagi pool penyimanan dgn kemudahan yg sama spt menamai dan menikmati akses seperti HAS protocol. Umumnya, cenderung untuk lebih tidak efisien dan memiliki performa yang lebih buruk dari penyimpanan direct-attached. Protokol terbaru dari Network Attached Storage ini ialah ISCI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar