Kamis, 20 Januari 2011

Monitor Jenis dan Cara Kerjanya

Monitor dapat dikatakan sebagai salah satu device berjenis soft-copy device, dikatakan demikian karena keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Dimana gambar yang ditampilkan merupakan suatu hasil pemprosesan informasi masukan ataupun pemprosesan data.

Layaknya sebuah televisi, ukuran layar dari monitor biasanya beragam / berbagai jenis, juga tingkat resolusi yang berbeda pula. Dan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor ditentukan dari seberapa besar resolusi monitor tersebyt.

Jenis-jenis Monitor.

1. CRT (cathode ray tube) adalah salah satu jenis monitor serupa tabung vakum danmenjadi dasar atau awal mulanya suatu monitor.

Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini didefleksi kan untuk melakukan proses scan permukaan di anode (masih sebaris sebaris dengan bahan berfosfor ) oleh medan magnetik . Ketika elektron menyentuh material layar tersebut, maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya. Demikianlah cara kerja monitor CRT ini.

2. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan monitor terobosan setelah Monitor CRT , Pada monitor ini terdapat banyak piksel / titik titik cahaya (tdiri dari 1bh kristal cair sbg sebuah titik cahaya). Meski demikian, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya dengan sendirinya. Sumber cahaya dari LCD ini ialah lampu neon putih yang letaknya berada dibagian belakang susunan kristal tsb.
Piksel yang berjumlah puluhanribu hingga jutaan piksel ini yang nantinya membentuk tampilan citra. Akan terjadi perubahan pada kutub cair yang dilewati oleh arus listrik akibat pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

3. Plasma adalah sebuah monitor layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.

Monitor berdasarkan Warna :

Monitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :

• Monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan foreground. Warna tersebut adalah :
o Hitam dan putih
o Hijau dan hitam dan
o Kuning dan hitam.

• Gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis spesial dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.

• Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki Satu hingga 16 Juta Warna yang berbeda-beda. Monitor berwarna ini dikenal juga monitor RGB (Red,Green,Blue)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar